Kamis, 29 Maret 2012

Taksonomi media menurut ahli


Taksonomi / klasifikasi Media
            Dalam pengertian teknologi pendidikan, media atau bahan sebagai sumber belajar merupakan komponen dari sistem instrusional di samping pesan, orang, teknik dan peralatan. Dari usaha penantaan yang timbul yaitu pengelompokan atau klasifikasi menurut kesamaan atau karakteristiknya.
Beberapa contoh usaha ke arah taksonomi media tersebut antara lain :
1)Taksonomi menurut Rudy Bretz
            Bertz mengidentifikasikan ciri utama dari media menjadi tiga unsur pokok, yaitu : suara, visual dan gerak. Visual dibedakan menjadi tiga yaitu garis ( line graphic ) dan simbol yang merupakan suatu kontinum dari bentuk yang dapat ditangkap dengan indra penglihatan. Bretz juga membedakan antara media siar ( telecommunication ) dan media rekam ( recording ) sehingga terdapat 8 klasifikasi media, yaitu :
*      Media audiovisual gerak
*       Media audiovisual diam
*       Media audio semi-gerak
*       Media visual gerak
*       Media visual diam
*       Media semi-gerak
*       Media audio
*       Media cetak
2) Hirarki media menurut Duncan
             Dalam penyusunan taksonomi media menurut hirarki pemanfaatan untuk pendidikan, Duncan ingin mensejajarkan biaya investasi, kelangkaan dan keluasan lingkup sasarannya disatu pihak dan kemudahan pengadaan serta penggunaan, keterbatasan lingkup sasaran dan rendahnya biaya di lain pihak dengan tingkat kerumitan perangkat medianya dalam satu hirarki.
3) Taksonomi menurut Briggs
Briggs mengidentifikasi 13 macam media yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar, yaitu :

*        Obyek
*        Model
*        Suara langsung
*        Rekaman audio
*        Media cetak
*        Pembelajaran terprogram
*        Papan tulis
*        Media transparansi
*        Film rangkai
*        Film bingkai
*        Film
*        Televisi
*        Gambar

4) Taksonomi menurut Gagne
             dalam taksonominya gagne mengelompokan media menjadi 7 macam yaitu sebagai berikut :

Ø   Benda untuk didemontrasikan
Ø   Komunikasi lisan
Ø   Media cetak
Ø   Gambar diam
Ø   Gambra gerak
Ø   Film bersuara
Ø   Mesin belajar
5) Taksonomi menurut Edling
              Menurut Edling media merupakan bagian dari enam unsur rangsangan belajar, yaitu dua untuk pengalaman audio meliputi kodifikasi subyektif visual dam kodifikasi obyektif audio, dua untuk pengalaman visual meliputi kodifikasi obyektif audio dan kodifikasi obyektif visual dan dua pengalaman belajar 3 dimensi meliputi pengalaman langsung dengan orang dan pengalaman langsung dengan benda-benda.
6) Pengelompokan menurut Schramm ( 1977 )
             Schramm membedakan/mengelompokan media menjadi media rumit dan mahal ( big media ) dan media sederhana dan murah ( little media ). Ia juga mengelompokan media menurut daya liputnya menjadi media massal, media kelompok dan media individual.
7) Pengelompokan menurut Allen
               Dalam taksonominya Allen berusaha menghubungkan fungsi media dengan tujuan belajar yang hendak dicapai.

sumber : www.mtkstkip.co.cc dan sumber lain yang mendukung 

------------------ semoga bermanfaat -----------------------------

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Blog Ini

Blog ini di buat pada bulan December 2011